Photobucket Photobucket

Selasa, 21 Juni 2011

Jangan lupakan...


Indonesia yang ibukotanya Jakarta. ya iyalah, masa ya iyadong. kan mulan jamilah bukan mulan jamidong. (kata2 yang lagi IN di kalangan anak muda di Jakarta skarang)

ngomong2 soal Jakarta. disini nih, tempat ngumpulnya org2 dr daerah2 jadi kalo kerennya NewYorknya Indonesia. hehehe. banyak juga orang2 yg udah lupa diri dan gak inget sama kiri-kanannya. (liat kiri-kanan lo skrng juga) Paling banyak lagi org yg pngen dikenang jasa2nya.

Dan ternyata pernyataan diatas sama sekali tidak nyambung dengan isi dibawah ini, yang memaparkan beberapa profesi yg mewarnai Jakarta :

1. Guru

Setiap hari ngeliat diskolah. (yah, gatau kalo mahasiswa). 12 tahun dihajar, eh diajar beliau. (yah, gatau kalo akselerasi ato gak naik. ^^) tapi, gitu2 aja sikap kita sama mereka, gak peduli.

Padahal kita udah dikasi ilmu yang (gatau) bakal dipake di masa depan. wajar bgt kalo kita harus nginget jasa mereka.

coba aja bayangin, deh para2 ilmuwan yg berhasil pasti mereka terima kasihnya bgini :

"Terima kasih kepada Tuhan, Mamah, Papah, Saudara2ku, Teman2ku, Bibi sebelah rumah, Kucingku, dan semua orang yang membantu saya saat susah maupun mudah. Sekali lagi terima kasih"
(pulang dan membawa piagam)

MANA GURUNYA....masa bibi sebelah rumah?

gak inget lo pas masi TK makan belepotan, guru yang ngelapin. gak inget pas SD pipis dicelana, guru yang bersihin. pas SMP gak inget gw ada apaan pas SMP. pas SMA rambut lu panjang, guru yang motongin. gak inget lo.... Eh, ini pengalaman gw deng, mari kita berbagi pengalaman disini....

setidaknya kita, skrng harus berusaha menghargai guru kita yang tercinta. ^^

2. Tukang Sampah

Setiap kita liat mereka yang berkelut dengan sampah tiap hari, pasti kita merasa jijik. Padahal, sampah di rumah kita dia yang ambilin, dia yang ngebuangin juga. bayangin kalo gada mereka sampah2 dirumah lo skrng stinggi apa? jgn. jgn buat tempat ngubur harta.

Emang gile ini org, setiap hari bawa gerobak, kalo gak kantong. yang isinya sampah2 buangan kita. 1 lagi yang mesti dihargai, idungnya mannn.... kalo gw radius 10 m aja udah kecium, dia ampe 10 cm aja masi betah di tempatnya bekerja. gile. Menakjubkan emang ini orang satu.


3. Tukang Sapu

Bayangkan kalo gada tukang sapu di Jakarta. Beuh, setiap lo abis maling belimbing di kantor si Robert pasti ketauan. ya iyalah, jejak lo masi berbekas di debu. makanya, kalo kabur ke kolam renang aja. soalnya, debunya udah nutupin tuh kolam renang. oke

gak bosen2 ni org nyapu jalanan tiap hari, padahal udah tau pasti bakal kotor lagi? kalo bosen ya gak dibayar pemerintah lah. (nanya sndiri dan dijawab sndiri adalah ciri2 org tidak waras. seperti anda yg sedang membaca. ampun bang bos)

4. Pedagang Keliling

Nah ini nih, ini dia, paling ditunggu2, akhirnya, si pedagang keliling, segala apapun bentuknya ni pedagang pasti kita merasa bersyukur deh.

Bayangin lo pgn makan mie, eh dikulkas adanya spaghetti. trus tiba2 lo kram dirumah, eh gada org buat minta tolong. bayangin si abang mie keliling masuk ke rumah lo. trus nanya

"Mau mie de?"

lo merasa beruntung karena si abang lewat, dan lo pun kembali segar dan segera melanjutkan aktivitas seperti biasa. Terima Kasih ya abang keliling.

Cerita diatas berlaku juga buat tukang bakso, nasi goreng, mie ayam, dan yang mirip2. tapi, jgn samakan sol sepatu, jahit baju, foto polaroid, dan yang beda2.

5. Tukang bangunan

biasa juga dipanggil kuli. si tukang satu ini juga gak kalah kerennya loh, kalo gak ada tukang2 ini, tinggal dimana kita. dibawah tanah? apa di goa?

Para mandor yang kerjanya nyuruh2 juga, kalo gada kuli2 gabisa apa2. cuma teriak2 tp gada yg kerja. yah itu mah namanya bukan mandor, tp emang gila.

Dan hebatnya lagi para kuli ini, bisa bekerja hebat cuma denger perintah majikan. majikan maunya ini? kuli pun langusng menyanggupi.

gak smua kuli gitu juga sih, mungkin ada kuli yang jenius ada yg terbelakang. (ya Allah, kalo jenius ngapain juga jadi kuli, mending jadi presiden. mungkin presiden yg hobi nguli)

6. Kenek

Temennya supir bus dalam mengarungi daerah2 di Jakarta ini, emang paling sangar. kerjaanya mintain duit mulu tiap ada yg naik.

Tapi, gini2 kerjaan kenek penting juga loh. Coba misalnya si supir bus ini, gada temennya yg minta2in duit ke penumpang. bisa2 lo yg disuruh nyetir tuh bus, sama si supir.

Ato gak, misalnya lu nanya jurusan busnya kmana sama penumpang lainnya, ntar dikira lo mau ngehipnotis lagi, bahaya kan kalo gak ada kenek tercinta yang melayani asam-manis kehidupan di Jakarta. Kenek juga, ngeramein suasana di saat kita smua sedang hening sesaat. Ia suka teriak2 nama tempat sampe serek. Ya itulah si abang kenek.

7. Satpam

Security nama kerennya. kalo diliat sekilas sih nggak berguna juga sih. cuma berdiri aja, trus jadi tempat org nanya jalan kalo kesasar. bantu org menata mobilnya kalo aja kesusahan (alias tukang parkir)

Lagian para satpam bekerja dgn stulus hati kok. liat aja, mereka gak pernah malem2 lagi jaga trus nyelinap ke dalam nyolongin duit2 dan arsip2 penting milik perusahaan. dan bsoknya mereka bilang

"gatau pak yg nyuri bukan saya kok. tapi, si Udin tuh"

Trus gmana kita bisa nabung di bank2 terpercaya bila para satpamnya tidak terpercaya. makanya percayakan sama satpam daripada sama yang bajunya coklat dan kerjaanya 'nagihin' duit sambil mencari kesalahan pengendara bermotor.

Pilih satpam untuk calon berikutnya. dijamin nyaman, tentram, dan terkendali.

8. Pedagang DVD

Gw sndiri bingung kenapa orang2 ini gw masukin kesini. padahal mereka dengan seenaknya menyalahgunakan hak cipta, dengan memperbanyak kopian untuk dijual. mereka bisa saja dituntut sewaktu-waktu oleh pihak yang berwajib.

Tapi, tetep aja dengan adanya org2 seperti mereka kita bisa menikmati tontonan dengan harga yg lebih murah. kalo beli yg asli-nya harganya bisa mencapai ratus ribuan. tapi, kalo di kios2 terdekat paling mahal juga10-ribuan. Yah, tapi sekali2 beli juga dong yg asli skalian membantu negara mengurangi devisa kepada negara lain.

Yah, sgitu dulu aja deh. orang yg dapat mewarnai kehidupan gw di Jakarta. kalo gada org2 itu, Jakarta juga nampaknya kurang menarik. Berlebihan? memang. Namun, ingat bahwa hal yg berlebihan akan membawa kita ke kurangan. Gajelas bgt ni kalimat gw sndiri ngetiknya udah bingung mau nulis paan. yaudah deh sgini dulu aja...




http://oranglaper.blogspot.com/2008/06/jangan-lupakan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar